Rabu, 11 Desember 2019, WITA


Kata Sambutan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Husada Mandiri Poso:

Ferdy Lainsamputty, M.S., Ns.

 

Dengan bangga saya memperkenalkan STIKES Husada Mandiri Poso secara singkat kepada pembaca. Didirikan sejak tahun 2012, STIKES Husada Mandiri Poso merupakan perguruan tinggi swasta yang berfokus dalam bidang pendidikan kesehatan di kabupaten Poso, yang juga satu-satunya perguruan tinggi dengan program Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, serta salah satu penyelenggara program DIII Kebidanan di kabupaten Poso.

Diusianya yang masih relatif muda, STIKES Husada Mandiri Poso terus berusaha melakukan perbaikan dan terobosan dalam pendidikan kesehatan. Saat ini, pembangunan fisik yang lebih representatif untuk menopang kegiatan perkuliahan sedang dijalankan. Gedung Rektorat baru STIKES Husada Mandiri Poso, yang terletak di pintu masuk kota Poso, sudah selesai dibangun. Beberapa ruangan lain seperti ruang kelas, laboratorium, dan perpusatakaan sementara juga dalam proses konstruksi yang ditargetkan selesai dalam beberapa tahun ke depan. Pembangunan ini juga, direncanakan akan dilengkapi fasilitas yang terkomputerisasi seperti pengadaan sistem informasi akademik, e-learning, e-library, dan sistem penunjang lainnya agar dapat memperkuat sistem yang sudah ada di dalam kampus saat ini.

Pengembangan sumber daya manusia juga dilakukan dengan terus menerus mengirimkan staf kependidikan dan dosen untuk mengikuti pelatihan serta program upgrading dosen untuk mendapatkan gelar magister dan doktoral sesuai keillmuannya. Tahun 2017 yang lalu, STIKES Husada Mandiri Poso baru saja melakukan panen raya, dengan kembalinya dosen-dosen yang baru saja menyelesaikan program S2 Kebidanan dan S2 Keperawatan, baik dari dalam maupun luar negeri. Berdasarkan data dari DIKTI, jumlah dosen keperawatan yang berkualifikasi S2 di STIKES Husada Mandiri Poso saat ini adalah yang terbanyak di semua perguruan tinggi keperawatan, khususnya swasta di Sulawesi Tengah. Di bulan September 2017 yang lalu juga, STIKES Husada Mandiri Poso kembali mengirimkan masing-masing satu orang dosen dari keperawatan dan kebidanan untuk melanjutkan perkuliahan di Universitas Hasanuddin dan Universitas Indonesia, yang diharapkan dapat kembali mengabdi menjadi amunisi tambahan dalam dua tahun ke depan.

Semua pembangunan fisik dan SDM ini dilakukan guna menghasilkan tenaga-tenaga kesehatan yang kompeten dan profesional, yang diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya di kabupaten Poso.

Poso, 26Januari 2018

Ketua STIKES Husada Mandiri Poso,

 

Ferdy Lainsamputty, M.S., Ns.